Cara Merawat Kain Tenun

Kamis, Januari 12th 2017. | Tips Merawat Kain
Kain Tenun Lombok

Kain Tenun Lombok

Cara Merawat Kain Tenun, RiRa Clothing Konveksi HP 0812.4920.8025

Kain tenun adalah hasil kerajinan kain yang terbuat dari benang yang ditenun. Pembuatan kain tenun yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang. Benang tersebut dimasukkan ke sebuah alat yang disebut dengan lungsin. Ada beberapa jenis kain tenun diantaranya songket, tenun ikat, dan pakan.

Kepopuleran kain tenun sudah tidak ada yang meragukannya lagi. Berbagai perancang busana mengolah kain tenun tradisional menjadi busana yang erat kaitannya dengan budaya. Harga kain yang terbilang cukup mahal ini, juga tidak mudah dalam perawatannya. Namun bukan berarti sulit untuk dilakukan, hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas kain dan warnanya.

Ada beberapa tips untuk merawat kain tenun agar tetap awet.

  • Kenali terlebih dahulu jenis kain tenunnya. Apabila kain tenun terbuat dari benang sutera sebaiknya dicuci dengan menggunakan dry clean. Sedangkan jika kain tenun terbuat dari bahan lain seperti katun, maka cucilah dengan menggunakan tangan.
  • Ujilah kekuatan pewarnanya dengan cara memasukkan ke dalam air kemudian digoyang-goyangkan. Jika air tersebut cepat keruh sebaiknya kain tenun dicuci dengan dry clean. Namun jika airnya hanya sedikit keruh, maka tidak perlu menggunakan sistem dry clean.
  • Saat mencuci kain tenun sebaiknya jangan direndam. Cukup dikucek sedikit dan dibilas. Gunakan shampoo dan hindari penggunaan deterjen karena dapat merusak warnanya.
  • Usahakanlah untuk tidak memeras kain tenun, agar struktur benangnya tidak mudah patah dan kain tenun bisa lebih awet.
  • Jemurlah kain tenun di tempat yang teduh dan diangin-anginkan di tempat terbuka. Karena jika terkena sinar matahari secara langsung , maka zat pewarnanya akan cepat pudar.
  • Ketika anda menyetrika, hindari kain katun menempel langsung dengan logam besi setrika. Sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan kain pelapis.
  • Untuk menyimpan kain tenun, sebaiknya digulung dan dibungkus dengan kertas. Karena jika dilipat, akan menimbulkan bekas lipatan yang tidak mudah hilang. Kertas pembungkus juga bisa sebagai pelindung debu. Jangan lupa untuk rutin mengeluarkan kain tenun dari lemari agar terkena udara segar.

Anda ingin memproduksi pakaian berbahan kain tenun dengan jumlah masal ? Silahkan hubungi Rira Clothing Konveksi melalui jalur-jalur berikut :
Call/ SMS : 0812.4920.8025
WA : 0812.4920.8025
Pin BB : d0ce614e
Fixed line : (031) 8700215
Email : konveksi@riraclothing.com
Atau bisa juga langsung berkunjung ke office kami di Jl Rungkut Barata VI/18 Surabaya.

tags: , , , , , , , ,

Related For Cara Merawat Kain Tenun