Pemilihan Warna pada Busana

Jumat, Maret 18th 2016. | Fashion Design

Pemilihan-Warna-pada-BusanaPemilihan Warna pada Busana

Selain melakukan berbagai penerapan bentuk model baju untuk menutupi proporsi tubuh yang kurang sempurna sebagaiman telah diuraikan pada tiga artikel sebelumnya, seorang fashion desainer juga dapat melakukan permainan pemilihan warna pada busana untuk membuat penampilan lebih optimal.
Dari gambar lingkaran warna diatas, beberapa teknik melakukan kombinasi pemilihan warna pada busana dapat dilakukan dengan dua cara.

1. Mengombinasikan Warna-warna. Dapat dilakukan dengan mengombinasikan warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. Hubungan itu dapat dibedakan menjadi :
– Hubungan yang didapat dari satu corak warna (monogromatic), misalnya rok dengan warna merah tua, dikombinasikan dengan blus merah muda.
– Hubungan yang didapat dari dua sampai tiga warna yang berdekatan dalam lingkaran warna (analogus), misalnyaa kuning dan hijau atau kuning tua dengan kuning dan hijau.

2. Mengombinasikan warna yang berlawanan. Mengombinasikan warna dengan warna yang berlawanan letaknya pada lingkaran warna. Cara ini ada beberapa macam yakni sebagai berikut :
– Mengombinasikan dua warna berlawanan (dalam lingkaran warna) seperti merah, kuning dengan ungu.
– Mengombinasikan yang didapat dari rangkaian tiga warna yang terdapat dalam lingkaran warna. Contohnya merah lawan warna hijau dan kuning kehijauan, atau ungu ke merah-merahan lawan warna kuning dan hijau.
– Mengombinasikan warna yang didapat dari rangkaian tiga warna, contohnya merah, kuning dan hijau.
– Mengombinasikan warna yang didapat dari rangkaian empat warna, contohnya warna merah lawan warna hijau, dengan warna kuning orange lawan biru violet.

Untuk sampai pada keselarasan warna kulit dan warna pakaian, perlu diperhatikan tentang penggolongan warna kulit. Warna kulit ini dapat digolongkan menjadi :
1. Warna panas, yaitu warna kulit coklat, sawo matang dan hitam.
2. Warna dingin, yaitu warnaa kulit kekuning-kuningan, kuning langsat dan putih.

Memilih warna busana sesuai dengan warna kulit.
1. Teknik pengulangan (repetition)
Monogromatic, misalnya seorang berwarna kulit coklat, memilih warna untuk busananya, yaitu warna coklat lagi.
2. Teknik Persamaan (Semilarity)
Seseorang yang mempunyai warna kulit putih memilih warna busana biru, biru violet. Kulit sawo matang memilih warna busana warna orange, kuning orange.
3. Teknik Berlawanan (Contrast)
Kulit warna dingin memilih warna busana kelompok warna panas atau seseorang yang tergolong kelompok kulit warna panas memilih warna busana kelompok warna dingin.

——————————————————————————————————————————–

Anda hobby membuat desain baju dan ingin memproduksi desain baju Anda dalam jumlah masal? Silahkan menghubungi Rira Clothing konveksi butik di Surabaya melalui :

Call/SMS : 0811.300.8853
WA : 0811.300.8853
pin BB : d0ce614e
Fixed line : (031) 8700215
Email : konveksi@riraclothing.com

tags: , , ,

Related For Pemilihan Warna pada Busana