Tips Bisnis Cara Berjualan Baju untuk Pemula

Kamis, November 24th 2016. | Akademi Fashionpreneur
Cara Berjualan Baju untuk Pemula

Cara Berjualan Baju untuk Pemula

Tips Bisnis Cara Berjualan Baju untuk Pemula | RiRa Clothing Konveksi, HP 0812 4920 8025

Bisnis baju adalah bisnis yang tidak pernah ada matinya. Bahkan saat ini, baju merupakan salah satu kebutuhan yang banyak dicari. Hal inilah yang membuat bisnis berjualan baju ini banyak sekali diminati oleh pebisnis pemula. Tentu saja karena semakin banyak yang melirik bisnis jualan baju sebagai bidangnya, membuat persaingan di bisnis baju menjadi sangat ketat.

Cara Berjualan Baju untuk Pemula

Mulailah dengan Riset.

Carilah data baju model apa yang dibutuhkan oleh target market yang Anda bidik. Misal di lingkungan ibu-ibu pengajian, kemungkinan besar baju yang dibutuhkan adalah seputar baju muslim dan pernak-perniknya. Sesudah mengetahui apa yang dibutuhkan target market, lanjutkan dengan riset supplier produk baju yang dibutuhkan. Anda bisa mendatangi pusat-pusat perkulakan atau bahkan mencari tau dari produsen bajunya secara langsung.

Tentukan Cara Penjualan.

Ada berbagai macam cara berjualan baju untuk pemula, diantaranya door to door, melalui forum-forum tertentu, membuka outlet atau gerai, mengikuti pameran, berjualan melalui media online dan masih banyak cara lainnya. Cara yang dipilih akan mengandung konsekuensi effort kerja yang dibutuhkan dan biaya yang dikeluarkan. Misalnya, berjualan dengan membuka gerai di mall tentu saja akan berbeda biaya yang dikeluarkan dengan jualan cara door to door. Demikian pula effort kerja yang dikeluarkan, akan berbeda satu sama lain.

Hitung Harga Jual.

Setelah mendapat harga kulak, mulailah menghitung biaya apa saja yang dikeluarkan. Seperti biaya transport, biaya komunikasi, ongkos kirim, biaya pegawai (jika ada), sewa tempat jualan dan lain sebagainya. Hati-hati dalam menghitung biaya, karena urusan biaya tak pernah lepas dari efisiensi. Terlalu banyak beban biaya yang dimasukkan ke dalam komponen harga jual, menyebabkan harga jual baju menjadi lebih mahal dan akhirnya justru sulit berkompetisi dengan pesaing. Namun jika beban biaya tidak dimasukkan kedalam komponen harga jual, akan menyebabkan datangnya kerugian.

Berikan Pelayanan yang Prima

Salah satu cara untuk menghindari perang harga adalah dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Ketahuilah bahwa 80% keputusan membeli itu karena faktor emosional, sisanya karena harga. Jadi banyak cara yang dapat dilakukan oleh penjual untuk memenangkan kompetisi selain dengan cara menurunkan harga.

Update Model Baju

Karena kebutuhan baju adalah kebutuhan yang terus menerus, maka penting untuk update model baju secara rutin. Jeli melihat trend baju bahkan terkadang memprediksi model baju yang akan trend. Kembali lagi, bahwa model baju adalah menyangkut selera pasar yang Anda miliki, maka terkadang penjual merasa kesulitan menemukan supplier baju yang tepat. Tidak ada salahnya jika Anda membuat baju sendiri dengan model yang diinginkan pasar Anda. Pilihkah konveksi baju yang tepat yang bisa membantu Anda untuk memproduksi baju sesuai dengan model yang Anda inginkan.

Gunakan Media Sosial untuk Berpromosi

Saat ini, menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda, adalah salah satu cara yang hampir wajib digunakan. Selain murah dan cepat prosesnya, efek viral dalam media sosial menjadi kekuatan yang bisa dimanfaatkan. Namun, akan berbalik menjadi bumerang, saat Anda tidak jujur atau mengecewakan pelanggan, karena mereka dengan mudah juga akan memberitakannya melalui media sosial.

Selamat mencoba

 

tags: , , , , , , , , ,

Related For Tips Bisnis Cara Berjualan Baju untuk Pemula