Kain Tenun Lombok

Minggu, Juni 28th 2015. | Kain Nusantara

kain-tenun-lombokKain Tenun Lombok

Kain tenun yang akrab juga disebut kain songket merupakan kain yang dibuat dengan menggunakan tehnik menambahkan benang pakan, menyisipkan hiasan benang perak, emas atau pun benang warna-warna yang lain diatas benang lungsi, tidak jarang ditambahkan hiasan manik-manik, kerang maupun logam. Seperti halnya di Sumatera, kain tenun juga banyak di produksi di Indonesia bagian Timur, utamanya di Lombok yang sangat terkenal dengan sebutan kain tenun Lombok. Dengan menggunakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) atau masih menggunakan peralatan tradisional, kain tenun Lombok ini mempunyai keunikan dengan berbagai motif yang dihasilkan.

Pembuatan kain tenun lombok dimulai dari persiapan pembuatan benang dan pembuatan zat pewarna kain. Pertama yaitu pembuatan benang dengan cara tradisional dengan menggunakan pemberat yang diputar dengan jari-jari tangan, pemberat yang berbentuk layaknya gasing ini dibuat dari terakota atau kayu. Adapun bahan dasar membuat benang antara lain, kapas, kulit kayu, serat Pisang, serat Nanas, daun Palem, dll. Yang kedua yaitu pembuatan zat warna yang terdiri dari dua warna Biru dan warna Merah. Warna Biru ini di dihasilkan dari Mirinda Citrifonela atau Mengkudu dan bisa disebut juga Indigo. Alternatif lain yaitu menggunakan pewarna tumbuhan Sono Keling atau Kesumba.

Seperti kain tradisional Indonesia lainnya, kain tenun Lombok memiliki motif yang beragam, ada motif Ayam, Kembang delapan, kembang empat, dsb. Bentuk motifnya juga beragam, ada motif dengan garis simetris, segi empat, tumbuhan, aneka motif binatang, bentuk zig zag, dan masih banyak yang lainnya. Daya pikat kain tenun Lombok juga terdapat pada degradasi warna dengan kombinasi yang pas dan kesesuaian motif pada seluruh bidang kain.

Kerajinan menenun, utamanya kain tenun Lombok ini merupakan kerajinan yang dilestarikan di Lombok. Bahkan ada daerah di Indonesia yang sudah mewajibkan masyarakatnya, seperti perempuan di desa Sukarara untuk berlatih menenun dari usia dini ataudimulai dari anak-anak. Aturan ini dibuat untuk tetap melestarikan budaya Indonesia khususnya untuk melestarikan kain tradisional. Dengan begini, negara Indonesia tidak akan kehilangan jati dirinya sebagai negara yang memiliki aneka warisan budaya dari kesenian hingga kain tradisional.

___________________________________________________________________________________

Ingin memproduksi baju dalm jumlah masal dengan kain tenun lombok? Mengapa tidak? Hubungi Rira Clothing Konveksi melalui jalur berikut :

Call/SMS : 088.13.1515.97
WA : 088.13.1515.97
pin BB : 74580785
Fixed line : (031) 8700215
Email : konveksi@riraclothing.com

tags: , , , ,

Related For Kain Tenun Lombok