Kain Gingham Untuk Desain Baju Fashion

Rabu, Mei 31st 2017. | Trend Fashion
Kain Gingham Untuk Desain Baju fashion

Kain Gingham Untuk Desain Baju fashion

Kain Gingham Untuk Desain Baju Fashion, RiRa Clothing Konveksi HP 0812.4920.8025

Kain gingham merupakan salah satu jenis kain tenun sederhana yang mempunyai motif kotak-kotak yang dibuat dari benang pakan dan benang lungsin berlainan warna. Gingham yang dalam bahasa melayu dikenal dengan nama genggang tersebut mempunyai corak petak-petak. Kain ini terdiri dari tumpukan garis horizontal dan vertikal yang membentuk perpaduan motif kotak-kotak. Gingham terbuat dari berbagai bahan seperti worsted, wol, dan beberapa bahan sintetis lain sehingga mempunyai karakteristik agak kaku, kuat, dan mudah dicuci.

Sekitar abad ke-19 penggunaan kain gingham lebih banyak digunakan untuk membuat kemeja lengan pendek maupun lengan panjang, baju anak-anak, blouse, maupun jaket musim panas yang dikenakan kaum pria. Tidak hanya digunakan sebagai produk pakaian, kain gingham ini juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai macam kerajinan berbahan dasar kain, aplikasi kain, dan juga kain pelapis payung.

Motif kotak-kotak ini juga menjadi khas dari kain kasmilon, namun tentu saja terdapat perbedaan antar kain gingham dengan kain kasmilon. Komposisi bahan penyusun kain gingham mempunyai permukaan yang lebih halus. Jika dilihat dari segi motif, kain gingham memiliki motif yang lebih sederhana dengan hanya terdiri dari 2 atau 3 warna saja. Sedangkan untuk kain kasmilon memiliki kombinsai motif yang lebih berwarna dan variatif.

Perkembangan dunia fashion yang terus berputar, membuat trend fashion gingham kembali hits seakan hidup kembali. Motif kain gingham yang sangat identik dengan taplak meja ini telah disulap menjadi desain pakaian yang menarik dan beragam jenisnya seiring perkembangan dunia fashion. Bahkan bisa kita ketahui, banyak dari berbagai kalangan yang menggunakan motif kain gingham, mulai dari baju fashion anak-anak maupun orang dewasa.

Baca : Paduan Celana Dan Blazer Untuk Busana kerja

Perpaduan celana chinos dengan kemeja gingham serta oxford shoes dapat memberikan kesan tampilan yang casual bagi si pemakai. Sedangkan untuk kesan tampilan formal, anda bisa memadukan dengan setelan jas warna yang senada ditambah dengan aplikasi dasi. Untuk para wanita, dengan menggunakan dress gingham akan membuat penampilan semakin girly. Atau bisa juga apabila ingin tetap stylish, gingham shirt bisa menjadi pilihan anda dengan kombinasi sepatu flat ataupun sneakers.

Kain gingham ini bisa digunakan untuk semua jenis busana seperti baju, rok, dress, kemeja, celana, bahkan tas dan sepatu. Motifnya yang sederhana dan menyenangkan ini sangat cocok dijadikan busana tergantung bagaimana memadukan setelan gingham tersebut. Gingham long vest akan terlihat cantik saat dipadukan dengan atasan lengan panjang polos serta celana jeans polos. Hindari pemakaian baju atau celana motif karena akan membuat penampilan semakin terlihat ramai.

Jika dulu umumnya motif kain gingham adalah berwarna merah dan putih atau biru dan putih. Namun saat ini warna dan juga ukuran motifnya pun semakin beragam. Sealin itu bahannya kini tidak hanya katun saja, tetapi juga banyak dari bahan lainnya. Penggunaan kain gingham untuk desain baju fashion saat ini banyak pada kesempatan musim kemarau.

Baju fashion dengan motif gingham yang kembali menjadi trens sangat cocok digunakan untuk berbagai macam bentuk tubuh. Tetapi dalam pemilihan motifnya harus benar. Bagi orang yang memiliki tubuh kurus, ada baiknya memilih baju fashion dengan motif kotak-kotak yang besar. Sedangkan bagi orang yang memiliki tubuh gemuk, lebih baik menggunakan motif kotak-kotak yang kecil. Motif kain gingham tersebut sangat menampilkan kesan casual namun tetap terlihat modis jika dikenakan.

tags: , , , , , , , ,

Related For Kain Gingham Untuk Desain Baju Fashion