Cara Merawat Kain Songket

Kamis, Mei 11th 2017. | Tips Merawat Kain
Cara Merawat Kain Songket

Cara Merawat Kain Songket

Cara Merawat Kain Songket, RiRa Clothing Konveksi HP 0812.4920.8025

Kain tradisonal khas nusantara sudah sangat terkenal akan kecantikannya. Tidak terkecuali kain songket yang menjadi salah satu kebanggaan warga pulau Sumatera. Kain songket merupakan kain tenunan indah yang memakai bahan halus sutra serta dihiasi dengan benang warna emas dan perak. Dalam proses pembuatan satu helai kain tradisional songket bisa memamkan waktu yang lumayan lama. Bisa berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, apalagi untuk motif yang rumit. Seorang wanita yang memakai kain songket akan terlihat lebih elegan. Hal inilah yang membuat kaum wanita jatuh hati pada kain yang satu ini. Seperti halnya kain-kain tradisional yang lainnya, kain songket juga memerlukan perawatan khusus. Sangat disayangkan bukan jika kain songket yang anda miliki menjadi rusak karena tidak tahu cara perawatannya. Nah, berikut ini adalah tips cara merawat kain songket

  1. Setelah memakainya, sebaiknya kain songket langsung anda angin-anginkan dengan meletakkan bagian dalam dihadapkan ke luar. Kain songket jangan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung, karena dapat menghilangkan kilap benang emas maupun perak yang ada pada kain.
  2. Untuk mencucinya, kain songket sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci dan deterjen. Mencucinya bisa dengan dry clean atau dibasahi dengan air saja. Jangan pula memerasnya.
  3. Apabila anda ingin menyetrika kain songket, maka sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan kain halus. Jangan menggunakan suhu yang tinggi karena bisa menghilangkan kilap emas maupun peraknya. Jadi gunakanlah suhu yang paling rendah saja.
  4. Untuk menyimpannya, kain songket sebaiknya diganutng dan bukannya dilipat. Karena apabila dilipat dan bertumpuk dengan kain lain, nantinya lipatannya akan berbekas. Sehingga benang-benang akan akan mudah terpisah dan bisa putus. Atau anda juga bisa menggulungnya dan dilapisi dengan kertas minyak putih. Jangan menggunakan plastik karena dapat membuat songket lembab dan berjamur. Setelah digulung dan dilapisi kertas minyak, masukkan dalam kotak khusus penyimpanan.
  5. Untuk menghindari kutu dan jamur, janganlah menyemprotkan bahan kimia langsung ke kain songket. Karena akan menimbulkan noda yang tidak bisa hilang. Anda bisa menggunakan biji merica atau lada yang ditaruh dalam plastik dan dilubangin kecil-kecil. Setelah itu gantungkan di dekat area penyimpanan songket.

Baca : Cara Merawat Kain Rayon

tags: , , , , , ,

Related For Cara Merawat Kain Songket